Jumat, 27 April 2012

Tafsir QS. al-A’rof [7]: 16-17

Iblis berkata: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur” (QS.al-A’rof [7]: 16-17).

Ayat di atas menerangkan bahwa Iblis berjanji kepada Alloh akan mendatangi
manusia dari semua penjuru kecuali dari arah atas. Apa maksudnya? Al-Imam Abu Ja’far berkata: “Iblis menggoda dari depan, yakni: Manusia dibuat ragu-ragu dalam urusan akhirat mereka. Dari belakang, yakni: Manusia dirayu agar berlebih-lebihan mencintai urusan dunia sehingga lupa urusan akhiratnya. Iblis menggoda dari samping kanan, yakni: ‘Aku goda mereka pada saat ingin melakukan amal sholih agar mereka jatuh pada perkara syubhat atau yang tidak jelas.’ Menggoda dari samping kiri yakni: ‘Aku bangkitkan syahwat mereka kepada yang haram, dan aku buat senang mereka ketika berbuat maksiat.’” (Tafsir at- Thobari 12 / 338) .


Qotadah berkata: “Iblis atau setan menggoda manusia dari depan, maksudnya setan memberi tahu manusia; tidak ada hari kebangkitan, tidak ada surga dan neraka. Adapun dari belakang, setan menggoda urusan dunia mereka, setan memperindah urusan dunia manusia sehingga lupa akhiratnya. Adapun dari kanan, maksudnya setan menghambat manu- sia ketika ingin beramal sholih. Adapun dari kiri, manusia dibuat senang dengan kemaksiatan. Setan mendatangi anak Adam dari semua penjuru tapi ti- dak mampu menggoda dari atas, karena setan tidak mampu menghalangi rohmat Alloh yang turun dari langit.” (Tafsir Thobari 12 / 340)

Sahabat Ibnu Abbas ^ berkata: “Iblis tidak mampu berkata: ‘Aku akan menggoda mereka dari atas.’ karena dia tahu Sesungguhnya Alloh di atas mereka, dan rahmat itu dari atas.” (Tafsir ad-Durul Manstur 4 / 203)

Subhaanaaloh alhamdulillah laa ilaaha illalloh alloohu akbar

Disalin dari: http://dir.groups.yahoo.com/group/smart-dakwah/message/67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar