Selasa, 24 April 2012

Saya dan Die Cast

Awalnya saya ingin menjadi seorang kolektor Figurin (Action Figur) namun karena keterbatasan dana :-) kemudian malah banting stir pada Die Cast. Sebenarnya sudah tertarik pada Die Cast sejak 2008 tapi baru benar-benar bisa mengkoleksi di awal tahun 2010.
Die Cast pertama saya adalah sebuah Hotwheels 2008 Mitsubishi lancer Evo skala 64, waktu itu belinya sekedar iseng, namun dari sinilah awal petualangan Bermula....
 
  
 
Semula seperti kolektor amatiran lainnya, saya juga langsung memborong sejumlah Die Cast, secara random tanpa tahu cara perawatannya dan langsung dibuka blisternya. Boro-boro sebuah lemari pajang. Koleksi awal saya, hanya saya letakan begitu saja di meja belajar. Jelas ini bukan merupakan sebuah keputusan yang bijak, dalam sekejap koleksi die Cast sudah ditutup debu dan sialnya lagi saya membersihkan die cast itu dengan asal-asalan. Bahkan hingga cat-nya rontok :-(
Waktu itu, berhubung saya mulai mengkoleksi di skala kecil 1:64 maka kejadian seperti Die Cast jatuh dari meja, nylungsep di tempat tidur dll adalah biasa.
Menjadi kolektor Die Cast, bisa dibilang saya ini seorang Single Fighter! Saya hanya mendapatkan informasi tentang Die Cast melalui artikel Internet dan group-group Facebook tidak pernah bergabung secara resmi dalam klub manapun. Bukannya saya sombong namun sungguh sampai hari inipun saya belum tahu apakah ada perkumpulan penggemar Die Cast di kota Madiun ini? Lagipula untuk bergabung dalam grup-grup besar macam PND, Indonesian Die Cast dll saya masih terlalu ewuh mengingat koleksi saya masih sedikit dan berantakan -_-
Koleksi di peroleh mostly dari Indom*rt, H*perm*rt, Care4, serta Matah*ri Dept St*re pernah juga berburu di toko-toko mainan tapi masih terbatas di daerah SBY, DIY dan SMG
sampai saat artikel ini ditulis total koleksi saya baru 97 Biji dari berbagai skala, beberapa dlm proses dilego (dijual) sebab saya ingin berkonsentrasi di skala 1:64 filosofinya adalah
Die Cast skala kecil lebih mudah diperoleh, detailingnya cukup mengagumkan, dan bisa digunakan sebagai object mikro photography maupun pembuatan maquette sederhana.
Untuk merk masih didominasi Hotwheels dan Matchbox ada juga sebagian dari majorette dan Greenlight. Sementara untuk modelnya saya tertarik pada Mobil Sport eropa , Mobil rally, Nascar dan kendaraan Polisi. Untuk brand cenderung pada Chevrolet Corvette, Dodge, dan BMW (Godaan Classic so far masih bisa saya tahan :-)
Cita-cita saya yang lain, berkenaan dengan Die Cast ini adalah menciptakan sebuah Diorama, dengan tema Wild-wild West, masih jauh dari realisasi mengingat jumlah Die Cast saya yang masih cupu dan juga waktu serta pengetahuan soal diorama yang belum mencukupi (TAF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar