Sabtu, 02 Juli 2016

Tomica Cool Drive menurut saya....




Pertama kaget juga waktu liat digantungan domart, ada item Tomica. Tapi koq dikemas dalam bentuk Blister Card? Umumnya kan Tomica dikemas dalam kemasan kardus seukuran korek. Dilihat sepintas memang mirip dengan item tomica regular, product Vietnam. La koq harga-nya murah? Dan setelah diamat-amatin lebih detail serta dengan fakta bahwa produk ini made in China yang dirilis dari Hong Kong, otomatis timbul juga kecurigaan kalo ini cuman “produk KW” / bajakan dari Tomica, pertanyaan yang timbul kemudian, masak iya Domart jualan product KW?


Setelah nyari info di internet,Ternyata tidak! Ini memang segment khusus Die Cast Merk Tomica yang legendaris itu. Nama-nya seri Cool Drive, yang dijual di gerai-gerai Domart sejak bulan Juni lalu, Berdasarkan keterangan dari sini , ada 10 jenis model yang diproduksi yaitu: Honda Jazz, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Mitsubishi Lancer Evo, Toyota Avanza Veloz, Toyota 86, Subaru WRX, Nissan GTR dan Nissan Juke + Mazda CX-5 (dua item terakhir sejauh penelusuran saya belum masuk di kota ini, bahkan berdasarkan pantauan dari Web mungkin belum / ngga masuk ke Indonesia). Masing-masing item dirilis dengan 2 hingga 3 variant warna.

Beberapa item diatas adalah jenis city car yang juga sering kita lihat di jalanan Indonesia, sementara sisa-nya adalah jenis-jenis kendaraan produksi Jepang yang cukup terkenal dan favorit di pasar otomotif. Situs ini memberikan review yang cukup positif terhadap product ini. Meski berbahan plastic namun menampilkan kesan “berat” ala Diecast umumnya, dengan desain roda tanpa suspensi yang akan memberikan keuntungan ketika berlaju di “track” (untuk kelas race / balapan) Diecast.

Nah, kalo menurut penilaian saya sendiri, maka yah sebaliknya cenderung negatif, mengingat saya mengoleksi Die Cast hanya untuk display/ pajangan, dan jika bicara display maka saya cenderung memperhatikan detailing dari diecast tersebut. Mulai dari hood (logo merk), Tampo (detail pewarnaan) hingga detail interior. Jika hanya dari bahan plastic, itu jelas ngga masalah. Toh di kelas 1:64 yang didominasi oleh hotwheels, matchbox dan mungkin Tomica (dengan berbagai variant skala-nya)  sulit mencari diecast yang murni besi, rata-rata juga sudah dicampur plastic atau 100% plastic.

Dalam review ini saya bandingkan (dalam bentuk foto) antara product Item Tomica Cool Drive Toyota Avanza Veloz yang konon katanya memakai ukuran skala 1 :66 dan Tomica regular Datsun Go buatan Vietnam dengan skala 1:61


                                               
Emblem merk pada Tomica Reguler Datsun Go tercetak timbul


Sementara pada Tomica Cool Drive Avanza Veloz emblem merk hanya berupa cat



                                                
Terdapat Interior pada Tomica Reguler Datsun Go, sementara di Tomica Cool Drive Avanza Veloz jelas ngga ada

Tomica Regular lebih mendetail, dirakit dengan paku keling/baut rivet sementara Tomica Cool Drive dirakit dengan baut standart


Dengan detail yang buruk dan terkesan dibuat "Simple" maka saya memutuskan untuk tidak mengoleksi item-item Cool Drive ini, dasarnya saya juga memang ngga terlalu tertarik pada merk Tomica, untuk detail saya cenderung memilih item-item keluaran Matchbox. Kalo-pun memang kemaren sempat beli beberapa item die cast Tomica tujuannya hanya untuk bahan review dan sekedar punya. (TAF)




                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar